Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Virus Pada Komputer

Cara Mengatasi Virus Pada KomputerCara Mengatasi Virus Pada Komputer - Virus adalah semacam sebuah program yang terstruktur dengan sangat baik yang tujuanya yaitu untuk menyusup kedalam komputer/notebook seperti :
Flashdisk
CD/DVD
Floppy

Virus dapat mengakibatkan kerusakan pada Hardware, Software, Bahkan bisa membuat Anda kehilangan data pada komputer atau notebook Anda.

Berikut adalah cara - cara agar PC/Notebook Anda Terhindar Dari Virus:

 Instal atau gunakan antivirus pada notebook / Komputer
 Kalau bisa Anda gunakan antivirus ini agar kemungkinan terserang virus sedikit. Semakin baik antivirus yang Anda gunakan semakin terjamin pula keamanan komputer / notebook Anda dari serangan virus ini. Anti virus ada yang gratis dan ada pula yang berbayar, diusahakan untuk menggunakan antivirus yang berbayar karena Antivirus yang berbayar menawarkan banyak fitur-fitur unggulan.
  
Menggunakan Firewall
Firewall adalah sebuah software atau bahkan bisa berupa hardware yang disusun untuk mencegah dari aktifitas akses yang tidak terotorisasi, baik itu virus ataupun hacker. Apabila firewall tidak aktif, dapat berpotensi terkena serangan dari luar/hacker/virus dll.

Melakukan scanning virus
 Menggunakan antivirus pada komputer Anda setiap kali Anda memasukan portable storage pada komputer atau notebook, tujuannya adalah untuk menghindari kemungkinan terjadinya penggandaan virus melalui media tersebut. Anda harus memastikan bahwa Flashdisk, CD/DVD, Floppy, Portable Device Anda ter-scan dengan baik oleh antivirus.

Melakukan update program antivirus Anda

Anda harus mendapatkan patch terbaru data virus terbaru yang ada di Internet. Setting antivirus Anda agar secara otomatis dapat mendeteksi adanya virus pada komputer/Notebook Anda.
   
Scan berkas atau lampiran
Scan berkas atau lampiran yang didapat dari email atau hasil dari download Anda melalui Internet.

NB :
Lakukan backup data secara teratur, karena tidak ada satupun antivirus yang menjamin 100% dapat menghapus virus pada komputer / notebook Anda, virus akan selalu muncul lagi yang baru dengan kemampuan yang berbeda, dan sangat mungkin jauh lebih berbahaya dari jenis virus yang muncul sebelumnya.

Semoga bermanfaat.